loading...

WAJIB ANDA BACA INI...!!! Jangan Cuci dan Simpan TELUR Di Pintu KulkasMu, Ini BAHAYANYA jika Di Lakukan, Ternyata Bisa Menyebabkan...

Di mana biasanya anda menaruh telur? Tentu banyak yg menjawab kalau telur disimpan di kulkas terlebih bagian pintu.

Menaruh telur di kulkas memang pilihan paling baik. Alasannya lantaran suhu rendah dapat melindungi suhu telur tetap rendah, diluar itu dapat mencegah kemungkinan telur terkontaminasi oleh bakteri Salmonella, semacam bakteri jahat yang kadang-kadang ada didalam makanan termasuk juga ayam, tomat, guacamole, kacang tanah serta ada pada makanan hewan.

Namun janganlah menaruh telur di bagian pintu kulkas ya? Tahu mengapa?

Pintu kulkas yaitu bagian yg paling hangat dari kulkas. Temperatur pintu kulkas juga berfluktuasi khususnya waktu pintu di buka serta ditutup. Tersebut alasannya janganlah taruh telur di pintu kulkas.

Lebih baik, taruh dibagian dalam kulkas yang suhunya lebih stabil. Sebelum disimpan, susun dahulu telur didalam kartin supaya telur segar sepanjang 3-5 minggu.
Bila saat penyimpanan telur masih bagus, bagian kulit telur tak rusak serta retak. Putih telur serta kuningnya telah dapat dipisahkan serta bertahan 24 hari.

Berikut panduan memilih serta menaruh telur yang baik:

1. Hindari telur yang retak serta kotor 

Bakteri pada kotoran ayam yang melekat pada kulit telur dapat masuk lewat pori-pori kulit telur, terlebih bila ada retakan waktu anda membelinya. Sedang ini begitu bahaya apabila bakteri itu telah masuk kedalam telur. Infeksi penyakit bakal mungkin saja begitu parah. Jadi, telur yang terlihat retak memanglah tidak bisa digunakan walau terlihat baik-baik saja.

2. Sebaiknya Tentukan telur yang kecil 

Bila anda beli eceran, tentukan telur yang kecil, lantaran telur yang semakin besar mempunyai kulit yang lebih tipis dibanding telur kecil. Jadi kulit telur yang tipis lebih rawan untuk retak serta beresiko pada masuknya bakteri.

3. Janganlah Mencuci telur sebelum menyimpan 

Apabila telur dicuci, baiknya segera dimasak. Sebab kulit telur yang dicuci bukan sekedar menghilangkan susunan Protective Bloom-nya. Namun malah mengakibatkan pori-pori pada kulit telur jadi lembab, hingga bakteri lebih suka disana.

4. Perhatikan tanggal kadaluarsa 

Bila anda beli di supermarket, ada tanggal “best before” yang tercantum pada paket telur yang bermakna baik dalam keadaan telur itu disimpan dalam almari es. Apabila tidak menyimpannya dalam almari es, baiknya dipakai lebih awal dari tanggal kadaluarsanya.

5. Taruh Telur di Bagian dalam Kulkas 

Seperti diterangkan di atas, sisi paling baik menaruh telur yaitu di bagian dalam kulkas supaya suhu tetaplah stabil. Pakai wadah yang baik serta tertutup untuk hindari kerancuan kotoran dari kulit telur dengan makanan lain dalam kulkas.

6. Masak dengan Sempurna 

Memasak dengan prima bisa membunuh bakteri Salmonella yang dapat beresiko mengganggu kesehatan anda.


http://tipssehat-01.blogspot.co.id
loading...
close
[Klik disini 2X] [ X ]