Luhut: "Wajar buruh Cina hadir di Indonesia, karena memang investasi Cina di Indonesia memang besar"

sumber: google

Menurut Menko Polhukam, Luhut Binsar Panjaitan maraknya isu buruh Tiongkok yang mulai membanjiri Indonesia jangan di besar-besarkan. Menurutnya wajar jika banyak buruh Tiongkok yang ada di Indonesia karena memang investasi Tiongkok di Indonesia memang besar.

Saksikan pernyataan Luhut dalam video berikut:


Menurut data dari kementrian ketenagakerjaan, ada tiga belas ribu buruh Tiongkok yang bekerja di Indonesia dan menurutnya jumlah segitu adalah jumlah yang kecil dan buruh-buruh tiongkok tersebut berada di level tertentu. Misalnya, pada posisi manager dan selevelnya.

Menurut Presiden KSBSI Mudhofir Khamid para buruh tidak keberatan akan hadirnya buruh Tiongkok di Indonesia, akan tetapi ia meminta agar buruh tersebut berada pada level tertentu agar bisa mentransformasi ilmunya kepada para buruh di Indonesia. Dan jika ada pelanggaran ia berharap agar pemerintah dapat menindaknya.

DAPAT KELUHAN BANYAK IMIGRAN GELAP, YASONNA NGOMONG BEGINI

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mendapat laporan mengenai banyaknya imigran gelap yang masuk ke Indonesia. ‎Laporan itu diketahuinya saat melakukan teleconference dengan seluruh jajaran Kantor Wilayah di seluruh Indonesia, di Kementerian Hukum dan Ham, Jakarta Selatan, Selasa (12/7).


‎Dalam perbincangan langsung melalui sambungan ‎video jarak jauh itu, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Riau, Sutrisno menjelaskan di tempatnya bekerja terdapat 1.052 imigran gelap.

Yasonna mengakui bahwa pemerintah memang belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) baku dalam menangani imigran gelap.

‎”Sampai sekarang memang kita tidak punya SOP pelayanan atau sikap menangani imigran gelap dari luar. Kalau pun ditolak bisa menimbulkan protes dari dunia internasional. Misal di Aceh yang dari Banglades, sengaja kita tidak menolak,” urai Yasonna.

‎Dia lalu menerangkan kepada seluruh Kepala Kanwil bahwa persoalan imigran gelap memang tak hanya terjadi di Riau. Banyak wilayah lain yang juga persoalan sama.‎ Karenanya, persoalan itu menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Termasuk dalam mempersiapkan payung hukum bagi imigran gelap. 

Sumber: http://www.pos-metro.com/2016/07/luhut-wajar-buruh-cina-hadir-di.html

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==