Habis Makan Kurma, Bijinya Jangan Dibuang. Inilah Khasiat Biji Kurma


Rasulullah SAW sangat menyarankan umat islam di bulan Ramadhan ini ketika berbuka puasa mulailah dgn makanan yang manis dan Rasulullah SAw mencontohkan makanan kurma. Kurma memiliki banyak manfaat yg bagi tubuh, ternyata manfaat tersebut tidak hanya dimiliki oleh daging buah kurma itu sendiri, ternyata biji kurma juga memiliki khasiat yang sangat bagus untuk tubuh ketika diolah menjadi kopi.

Khasiat biji kurma, mungkin masih sedikit orang yg menyadarinya. Sehingga biji kurma terkadang dibuang begitu saja setelah selesai menyantap buah kurma tersebut. Salah satu khasiat biji kurma ternyata bisa membantu pemulihan penyakit diabetes yang serambiminang.com kutip dari kabarmakkah.com.

Berikut cara pengolahan biji kurma agar khasiat biji kurma bisa kita rasakan bagi tubuh:

1. Cucilah biji kurma sampai bersih dengan menggunakan air bersih dan hindarkan dengan menggunakan sabun atau zat berbahaya lainnya. Cucilah sampai bersih hingga dipastika tidak ada sisia daging kurma tersisa pada biji.

2. Biji kurma yang telah bersih kemudian jemurlah di tempat yang terkena sinar terik matari namun terhindar dari berbagai debu atau zat berbahaya lainnya. Hal ini layaknya bagaimana kita menjemur kopi dibawah terik matahari sampai dengan kering sempurna.

3. Biji kurma yang telah selesai dijemur, kemudian digorng dalam kuali panas tanpa menggunakan minyak goreng, atau zat lainnya. Gorenglah sampai biji kurma sampai terlihat hangus dan mengeluarkan aroma sedap seperti kopi.

4. Setelah selesai di goreng, kemudian giling biji kurma seperti menggiling kopi dengan menggunakan alat grinder kopi atau alat giling kopi atau bisa juga dengan cara ditumbuk sampai dengan halus.

Baca :   Awas Al Qur'an Salah Cetak Beredar, Periksa Al Qur'an Anda
Nah, selesailah cara pengolahan biji kurma hingga kemudian dapat diolah menjadi minuman sehat layaknya kopi.

Adapun beberapa khasiat dari biji kurma sebagai berikut:

– Memberi energi instan
– Menyembuhkan diabetes
– Memberikan stamina yang cukup untuk bekerja selama seharian penuh
– Menghilangkan letih dan lesu
– Menghangatkan badan
– Mengendorkan syaraf tegang, sehingga memberikan perasaan tenang
– Menyembuhkan kanker, keputihan, gatal-gatal dan masuk angin
– Menyembuhkan sakit perut
– Menyegarkan badan / tidak mengantuk
– Menyembuhkan darah tinggi, kolesterol dan stroke
– Menyembuhkan sakit kepala / migrain
– Melancarkan peredaran darah

Khasiat biji kurma yang telah diolah menjadi kopi memiliki komposisi dan nutri yang terkandung dalam 100gram biji kurma yang selesai diolah.

Kelembaban
7.17 – 9%

Protein
1.82 – 5.2%

Lemak
6.8 – 9.32%

Karbohdrat
65.5%

Serat
6,4 – 13,6%

Abu, sterol, Estrone
0.89 -1.57%

Polisakarida Larut Alkali
0.89 – 1.57%

Minyak Kuning-hijau
6 – 8%

Kandungan Asam Lemak Minyak Kuning-hijau
Lauric, 8%; myrictic, 4%; palmitic, 25%;

Stearic, 10%; Oleic, 45%; Linoleic, 10%

Asam Caprilat, Capric dan Asam Oksalat
Rentang sampai 56%

Apakah manfaatnya cuma itu saja?? Oh tidak, karena selain bisa dibuat kopi, bubuk biji kurma juga bisa dijadikan sebagai scrub untuk melembutkan kulit. Caranya sangat mudah, Campurkan bubuk kopi biji kurma diatas dengan sedikit madu sebelum disapukan ke kulit.

Jika kamu mengalami masalah kulit kepala yang parah atau rambut rontok, ambil bubuk kopi biji kurma secukupnya lalu campurkan dengan satu sendok minyak zaitun, lakukan setiap hari sebelum tidur mudah-mudahan hasil yang menakjubkan.

Sumber: https://serambiminang.com/2015/07/habis-makan-kurma-bijinya-jangan-dibuang-inilah-khasiat-biji-kurma.html/
close
= = [ Klik disini 1X ] [ Close ] = =