Bolehkah Kita Puasa Syawal Digabung Dengan Qadha dan Tak Berurutan?

sumber: google

TANYA: Bolehkah puasa sunat syawal niatnya digabung dengan puasa qhodha?

Jawab: Puasa sunnah Syawal selama 6 hari adalah termasuk sunnah yg dikukuhkan. 6 hari itu bisa secara berurutan dan juga boleh dipisah – pisah yg penting puasa itu dilakukan di bulan Syawal. 

Adapun bagi seseorang yg pernah punya hutang puasa seperti wanita haid jika ingin mengqodho maka tdk diperkenankan menggabung antara niat qodo dgn puasa Syawal. Akan tetapi jika ia melakukan puasa qodho dgn niat qodho bertepatan di hari Syawal secara otomatis ia kan mendapatkan pahala puasa di bulan Syawal. Jadi cara niatnya cukup niat puasa qodho saja dan disaat itu ia mendapatkan pahalanya puasa Syawal.

Maka dihimbau bagi wanita atau siapapun yg mempunyai hutang puasa hendaknya diqodho di bulan Syawal agar mendapatkan pahalanya Syawal sekaligus. Tapi ingat niatnya tetap niat mengqodho saja. Adapun jika puasa Syawal digabung dengan puasa sunnah yang lainnya adalah boleh. 

Bagi orang yg tidak punya hutang ingin menggabung antara puasa Syawal dengan puasa Senin adalah bagus. Misalnya : “ Saya niat puasa Senin digabung dengan niat puasa Syawal…” atau “ puasa Kamis dengan puasa Syawal.. “ atau “ puasa Daud dengan puasa Syawal..” adalah boleh. Semoga Allah menjadikan kita ahli ibadah dan semoga Allah menerima amal kita. Wallahu a’lam bisshowab

Sumber: http://www.infomoeslim.com/
loading...
close
==[Klik disini Aja 2X][Close]==