SubhanAllah...! Inilah Manfaat Luar Biasa Asam Jawa Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Tamarindus indica(Asam Jawa)memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan selain itu digunakan pula untuk bumbu masakan dlm berbagai jenis masakan lokal . Tanaman ini bukan ali Indonesia maupun di negara-negara lain dikawasan Asia Tenggara .
Di banyak negara tersebut , buah asam dikenal dgn berbagai sebutan. Orang Melayu menyebutnya asam jawa karena asam banyak digunakan sebagai bumbu untuk masakan khas jawa, dijawa sendiri dinamakan asem, disulawesi disebut asang jawa atau asang jawi. Bangsa-bangsa dari negara-negara indocina lain lagi menyebutnya , yakni magyee (Myanmar), ma-kham(Thailand), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), atau trai me (Vietnam). Sedangkan orang Barat mengenalnya dengan tamarind. 

Manfaat dari asam jawa

Banyak sekali faedah asam bagi kesehatan manusia . Daun dan daging buah asam mengandung banyak zat yg bermanfaat seperti tatrat, malat, sitrat , suksinat, asetat, hingga flavonoid (bersifat anti radang untuk menghilangkan rasa sakit ). Oleh karena itu , tanaman ini dpt digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit , seperti utk meredakan nyeri dan menghilangkan bau anyir bagi wanita yg sedang haaid atau terlambat bulann, mengobati radang tenggorokan atau difteri, batuk kering , bisul, darah rendah, sariawan, keputihann, juga campak .  Asam jg bs digunakan sebagai pencahar , untuk memudahkan buang air besar, melancarkan peredaran darah, menurunkan panas dalam , menambah nafsu makan , mencegah kolesterol tinggi, menurunkan demam pada bayi dan pada ibu setelah nifas, mengatasi darah rendah, disentri, eksim, dan masih banyak lagi . 

Olahan yg bisa dibuat dari asam jawa

Asam sebenarnya termasuk salah satu bumbu penting yg diperlukan dalam berbagai macam masakan . selain itu , bisa jg digunakan untuk membuat beberapa jenis makanan dan minuman, bahkan permen. Berikut ini salah satu contoh hasil olahan dari buah asam.

Manisan Asam Jawa 

Bahan : 

1 kilogram asam jawa 
500 gram gula aren 
250 gram gula pasir 
250 ml air 
250 gr gula pasir berbutir halus untuk ditaburkan 

Cara membuat : 

Gula aren dan gula pasir direbus dengan air hingga larut , kemudian saring . Rebus kembali hingga agak kental . matikan api 
Rendam asam dgn larutan gula ini semalaman . Angkat , jemur di panas matahari selama sehari .
panaskan kembali larutan gula . rendam asam untuk kedua kalinya semalaman .
tiriskan asam , jemur hingga agak kering . 
taburi dengan gula pasir berbutir halus. siap untuk dinikmati .

Sumber : Aneka Tanaman Apotek Hidup Di Sekitar Kita Oleh Raditya Akbar
close
= = [ Klik disini 1X ] [ Close ] = =