loading...
loading...

Jangan Berdoa Dengan Ucapan Ya Allah... Jika Engkau Berkenan....., ===>> Ini Dalilnya

loading...
loading...
Jangan Berdoa Dengan Ucapan Ya Allah... Jika Engkau Berkenan....., ini Dalilnya. Bahkan Rasulullah menganjurkan kepada kt untuk senantiasa  berdoa dgn cara sungguh-sungguh, penuh harap diringi usaha lahir secara sungguh-sungguh tdk cukup hanya dengan doa menengadahkan tangan saja. Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu berdoa dgn cara sungguh-sungguh. Karena ucapan doa "Ya Allah... jika Engkau berkenan" dianggap tdk ada keseriusan dalam berdoa.


Ungkapan doa dgn kalimat  "Ya Allah... jika Engkau berkenan" secara sekilas  tampak baik, terkesan lembut dan seolah-olah tdk memaksa Allah SWT  dalam berdoa. Namun Rasulullah telah menjelaskan tak  ada yg dpt memaksa Allah Subhanahu wa Ta'ala. Allah hanya melakukan apa yg dikehendaki-Nya. Allah hanya mengabulkan apa yang dikehendaki-Nya. Tidak ada satu maklukpun yg bisa memaksa Allah SWT untuk mengabulkan doanya.

Adapun dalil yg menyatakan larangan berdoa dengan ucapan " Ya Allah... jika engkau berkenan seperti hadis-hadist dibawah ini

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 إِذَا دَعَا أَحَدُكُمْ فَلْيَعْزِمِ الْمَسْأَلَةَ ، وَلاَ يَقُولَنَّ اللَّهُمَّ إِنْ شِئْتَ فَأَعْطِنِى . فَإِنَّهُ لاَ مُسْتَكْرِهَ لَهُ

“Apabila salah seorang dari kalian berdoa, hendaklah ia sungguh-sungguh dalam memohon dan janganlah ia mengucapkan, ‘Ya Allah jika Engkau berkenan maka berilah aku.’ Karena sesungguhnya tidak ada yg dapat memaksa-Nya” (HR. Bukhari)

لاَ يَقُولَنَّ أَحَدُكُمُ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ، اللَّهُمَّ ارْحَمْنِى ، إِنْ شِئْتَ . لِيَعْزِمِ الْمَسْأَلَةَ ، فَإِنَّهُ لاَ مُكْرِهَ لَهُ

“Janganlah kalian mengucapkan ‘Ya Allah ampunilan aku jika Engkau berkenan. Ya Allah rahmatilah aku jika Engkau berkenan’. Tapi hendaknya ia sungguh-sungguh dalam memohon karena sesungguhnya tidak ada yg dapat memaksa-Nya” (HR. Bukhari)

Menjelaskan hadits tersebut diatas, Ibnu Abdil Barr berkata, “Seseorang tidak boleh mengatakan ‘Ya Allah berilah aku bila Engkau berkenan’ atau ungkapan lain yg seperti itu baik berkenaan dengan urusan agama maupun dunia karena itu adalah ungkapan yg mustahil dan tidak berdasar sebab Allah hanya melakukan apa yang dikehendaki-Nya”.

Menurut Ibnu Abdil Barr, mengucapkan “jika Engkau berkenan” dalam doa hukumnya haram. Sedangkan Imam Nawawi berpendapat hukumnya makruh. Wallahua'lam.

Semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan kepada kita  shingga semua amal ibadah kita sesuai dgn apa yg dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dan kita  bisa meraih kebahagian hidup di dunia dan di akhirat kelak.  Aamiin...

Sumber : http://www.tarbiyah.net/2016/01/ucapan-yang-dilarang-dalam-berdoa.html
loading...
close
[click disini aja 2X]
loading...