loading...
loading...

SUBHANALLAH...! ===> Manfaat Khasiat Buah Pala Sebagai Obat Tradisional

loading...
loading...
Halo Apa Kabar Pengunjung www.liputan7.com ?  Semoga Dalam Keadaan Sehat Wal'afiat.
Manfaat Khasiat Buah Pala Sebagai Obat Tradisional

Siapa yang tidak tahu dengan buah pala, pasti sebagian orang tahu buah pala.Buah pala memiliki nama latin (Myristica fragrans), tanaman ini merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Maluku. Sejak jaman dulu buah dan biji pala menjadi mayoritas perdagangan yang nilainya sangat tinggi yaitu sebagai rempah-rempah, tidak heran jika dulu Belanda dan Portugis melirik ke Indonesia karena kekayaan rempah-rempahnya. 

Ternyata buah pala manfaat dan berkhasiat: 

Didalam biji buah pala terbukti banyak sekali mengandung zat baik yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, kandungan zat tersebut diantaranya adalah: Energi, protein, lemak, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan juga karbohidrat


Manfaat Khasiat Buah Pala Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Pereda sakit perut
Mengatasi masuk angin
Mengatasi cegukan
Menghilangkan jerawat dan noda
Mengatasi rasa mual dan muntah
Meringankan penyakit maag
Menyembuhkan suara parau
Mengobati suli tidur (Insomnia)
Mengobati telinga yang sakit
Mengobati pusing kepala
Mengatasi nyeri haid
Menyembuhkan luka memar
Menyembuhkan amandel

Berikut ini manfaat khasiat buah pala untuk mengatasi beberapa penyakit serta cara megnolahnya:

Mengatasi suli tidur (Insomnia)
Ada dua cara untuk mengatasi penyakit ini, yaitu dengan cara pengobatan luar dan pengobatan daalam: 
Pengobatan luar: Ambil 1 buah biji pala lalu tumbuh hingga halus dan tambahkan sedikit air, kemudian oleskan pada pelipis disaat akan tidur.
Pengobatan dalam: Siapkan 1 sendok biji pala yang sudah dihaluskan, 1 sendok madu, dan 1/2 sendok gula aren, kemudian campurkan semua bahan tersebut dengan 1 gelas air susu panas dan aduk hingga merata, lalu saring dan minum selagi hangat.

Mengobati pusing kepala
Ambil 1 buah biji pala, 5 lembar daun sirih,  dan 5 butir buah cengkeh, kemudian semua bahan ditumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air, setelah itu oleskan pada tenguk dan ubun-ubun.

Mengobati telinga yang sakit
Ambil 3 butir biji pala dan 8 butir biji mahoni, kemudian tumbuk dua bahan tersebut sampai halus dan rebus dengan 1/2 gelas air sampai mendidih selama 10 menit, setelah dingin saring dan teteskan air tersebut pada telinga sebanyak 4 sampai 5 tetes.

Nyeri haid
Ambil 1/2 sendok pala halus, 1 potong kunyit, 6 butir ketumbar, 3 butir cengkeh dan satu gelas air. Campur semua bahan dan rebus dengan api kecil sampai air tersisa menjadi setengahnya, saring dan minum selagi hangat.

Mengatasi rasa mual dan muntah
Siapkan 1 sendok pala yang sudah dihaluskan dan 1/4 garam halus, kemudian seduh dengan 1 gelas air panas. Aduk hingga merata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.

Meringankan gejala maag, masuk angin dan cegukan
Siapkan 100 ml air panas, campur dengan 1 sendok pala halus dan 2 potong buah pisang batu yang sudah dihaluskan, aduk semua bahan tersebut hingga merata, dan minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh.

Menyembuhkan suara parau
Siapkan 2 sendok makan pala halus, 2 sendok makan jahe parut, 1 sendok makan cengkeh yang sudah dihaluskan dan 3 tetes minyak kayu putih. Campurkan dan aduk semua bahan tersebut sampai terbentuk adonan menyerupai pasta, kemudian oleskan pada leher seperti memakai masker, biarkan meresap selama 3 jam dan ulangi pengobatan sampai sembuh.

Menyembuhkan luka memar dan amandel
Ambil 1 biji buah pala kemudian tumbuk sampai halus dan tambahkan sedikit minyak zaitun,kemudian aduk hingga merata, setelah itu oleskan pada luka yang memar. Untuk amandel dioleskan dibagian leher persis dibawah dagu.

Mungkin hanya itu yang bias saya sampaikan tentang khasiat buah pala, semoga bisa berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

Semoga bermanfaat ya, silahkan share dan like

Sumber: http://manfaatdaunobat.blogspot.co.id/2014/10/manfaat-khasiat-buah-pala-sebagai-obat.html
loading...
close
[click disini aja 2X]
loading...