loading...
loading...

Bunda Bingung...! ==> Karena Bahan Untuk Membuat Makanan Kurang Lengkap, Jangan Bingung Lagi, Ini Solusinya...

loading...
loading...
Halo Apa Kabar Pengunjung www.liputan7.com ?  Semoga Dalam Keadaan Sehat Wal'afiat. 

Bunda bingung...! mempraktikkan resep karena terlalu banyak bahan yg kurang familiar di telinga atau sulit didapat? mudah sekali, bunda jangan bingung krn di ganti dengan bahan substitusinya.

Bunda...! Memask itu tak harus ribet. Bahan yg sulit didapat bs digantikan dengan bahan lain. Misalnya sajaa heavy cream atau krim kental yg bs diganti dengan campuran mentega dan susu cair. Hasil akhir masakan tetap enak, tak terlalu berbeda dengan bahan aslinya bunda...

Beberapa bahan substitusi, berikut takaran yg sesuai untuk memudahkan bunda memasak, dikutip dari Nature's Nuture dan Buzz Feed.

1. Tepung roti (250 gram)

Butuh tepung roti untuk membalut adonan gorengan ==> Bisa diganti dengan 250 gram oatmeal atau 200 gram cracker asin yang dihancurkan.

2. Tepung mayzena (1 sdm)

Kehabisan tepung mayzena untuk mengentalkan masakan ==> Tak masalah. Gantikan saja 1 sdm mayzenda dengan 2 sdm tepung terigu.

3. Self-raising flour (250 gram)

Self-raising flour atau tepung terigu yang tidak membutuhkan pengembang bisa digantikan ==> dengan 250 gram terigu serbaguna yang dicampur dengan 1 sdm baking powder, 1/4 sdm baking soda, dan 1/2 sdm garam.

4. Bumbu cajun (1 sdm)

Bumbu cajun adalah campuran rempah khusus untuk kuliner khas daerah Lousiana, Amerika Serikat. Biasanya tersedia dalam kemasan botol. ==> Tetapi kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan 1/4 sdm cabe bubuk, 1/2 sdm thyme kering, 1/4 sdm basil kering, dan 1 siung bawang putih.

5. Bumbu Szechuan (untuk 6 porsi masakan)

Bumbu masakan Szechuan yang pedas menggugah selera biasanya dijual dalam bentuk kemasan, terdiri dari rempah dan dua jenis cabe khas Szechuan. ==> Tetapi kamu juga bisa membuat bumbu Szechuan dengan rempah dan cabe lokal. Siapkan 60 gram jintan, 3 sdm cabai kering, 2 sdm merica, 1 sdm bubuk jahe, 1 sdm bawang putih bubuk, 1 1/2 sdm bubuk cabe, dan 1 1/2 sdm garam. Tumbuk jadi satu dan gunakan sesuai kebutuhan.

6. Allspice (1 sdm)

Allspice biasanya digunakan untuk menambah aroma pada kue-kue manis, misalnya spekuk. Kalau kamu kesulitan mendapatkan bahan ini, ==> Bunda gantikan dengan 1/2 sdm bubuk kayu manis, 1/4 sdm pala bubuk, dan 1/4 sdm cengkeh bubuk.

7. Sirup jagung (250 ml)

Corn syrup biasanya digunakan sebagai . Kalau kamu tak punya bahan ini di dapur, ==> Bisa gantikan dengan 250 gram gula dan 50 ml air.

8. Madu (250 ml)

Resep yang menggunakan madu ==> bisa digantikan dengan 300 gram gula dan 125 ml air. Harap diingat, gula memiliki rasa manis yang lebih kuat daripada madu. Jadi masakan kamu akan terasa sedikit lebih manis.

9. Air lemon

Tidak ada air lemon atau jeruk nipis? ==> Gantikan 1 sdm air lemon dengan 1/4 sdm cuka. Tetapi cara ini hanya bisa kamu gunakan untuk masakan yang membutuhkan lemon sebagai pengaya rasa, misalnya tumis asam manis. Untuk minuman dan kue yang menggunakan lemon, gantikan dengan jeruk nipis atau ekstrak lemon.

10. Susu cair (250 ml)

Tidak ada  susu cair ==> bisa digantikan dengan 125 ml susu evaporasi yang dicampur dengan 125 ml air. Untuk kue manis, kamu juga bisa menggantikannya dengan susu kental manis. Tetapi kurangi takaran gula dalam resep karena susu kental manis sudah dicampur dengan gula yang cukup banyak.

11. Buttermilk (250 ml) 

Resep-resep yang menggunakan buttermilk ==> bisa disiasati dengan 250 ml susu cair dan 1 sdm cuka/air lemon. Buttermilk bisa juga digantikan dengan yoghurt dalam ukuran yang sama.

12. Krim kental (250 ml)

Tak ada krim kental di lemari es? ==> Gantikan saja dengan 1700 ml susu dan 80 gram mentega atau margarin.

13. Cokelat batangan (1 ons)

Tiap 1 ons dark cooking chocolate batang ==> bisa diganti dengan 3 sdm cokelat bubuk yang dicampur dengan 1 sdm minyak sayur.

14. Krim asam (250 ml)

Sour cream atau krim asam tidak ada? bunda ==> bisa digantikan dengan plain yoghurt dalam takaran yang sama.

Itulah beberapa substitusi untuk bahan-bahan makanan yang sulit dicari. 
Semoga bermanfaat buat acara masak-memasak kamu...
Bantu share ya bunda...

Sumber: www.merdeka.com

loading...
close
[click disini aja 2X]
loading...