5 Tips Cara Mudah Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi (Celeng)

loading...
Halo Apa Kabar Pengunjung www.liputan7.com?  Semoga Dalam Keadaan Sehat Wal'afiat. Dalam Kesempatan Kali Ini Saya Akan Membagikan Artikel:
5 Tips Cara Mudah Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi (Celeng)

Ada perbedaan mendasar antara daging sapi dan daging babi menurut Dr. Ir. joko hermanto, Guru besar Departemen dan Teknologi Pangan IPB mengatakan bahwa secara kasat mata ada lima aspek yang terlihat berbeda antara daging sapi dan babi yaitu warna, serat daging, tipe lemak, aroma dan tekstur.

Perbedaan terlihat dengan jelas antara kedua daging. Pada sapi serat serat daging tampak padat dan garis garis seratnya terlihat jelas, sedangkan daging babi seratnya terlihat samar dan renggang.

Perbedaan terlihat pada tingkat keelastisanya, daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis sedangkan lemak sapi lebih kaku dan berbentuk. Lemak babi sangat basah dan sulit dilepaskan. Sedangkan lemak daging sapi agak kering dan berserat (lihat gambar)

Daging sapi memiliki tekstur yang lebih kaku dan padat dibanding daging babi yang lembek dan mudah direnggangkan (lihat gambar) melalui perbedaan ini sebenarnya kita memegangnya pun sudah terasa perbedaan yang nyata antar keduanya karena terasa sekali daging babi yang sangat kenyal sedangkan daging sapi yg mempunyai tekstur keras.

5. Dari segi aroma

Daging babi memiliki suatu aroma yang khas tersendiri,sedangkan daging sapi adalah anyir. jika kedua daging ini dicampur kita akan sangat sulit membedakan melalui aromanya dan membutuhkan latihan berulang-ulang.
Satu lagi, hati-hati juga saat membeli daging di malam hari. Sebab efek lampu bisa mengelabui pembeli. Kalau jualannya di siang hari, daging celeng dan sapi mudah dibedakan dengan 4 perbedaan diatas.

Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan artikel cara membedakan daging sapi dan daging babi ini ke teman-teman Anda agar mereka tidak sampai tertipu membeli daging sapi padahal daging babi. Naudzubillah.

Semoga bermanfaat ya, silahkan share dan like

Sumber: http://www.liputan6.info/2015/06/5-tips-cara-mudah-membedakan-daging.html
loading...
close
cI!ck lma9es T0 Rem0ve