loading...
loading...

Wow...! Hati-Hati Penggunaan Baking Soda untuk Memutihkan Gigi, Berbahaya bagi Kesehatan Anda...

loading...
loading...
Penggunaan Baking Soda untuk Memutihkan Gigi Berbahaya bagi Kesehatan 

Baking soda memang efektif memutihkan gigi anda, tapi sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Baking soda dapat menghilang warna kuning atau hijam pada gigi kita, sehingga gigi menjadi putih berkilau dalam waktu yang relatif singkat. WOW....

Pada penggunaan yang tepat, baking soda juga mampu melenyapkan kotoran dan plak gigi yang diakibatkan oleh teh, kopi,coklat dan lain-lain. Bahkan bisa menjangkau kotoran pada celah-celah gigi yg sehabis makan daging atau yg lainnya. baking soda, pemutih gigi kita  dan dampak negatif banyak. 

                                                                             Apa itu Baking Soda...?



Baking soda berupa bubuk putih, biasanya digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai pengembang kue. Mereka lebih akrab dengan sebutan soda kue.
Baking soda adalah bahan kimia sintetis dengan nama senyawa natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Rumus kimianya adalah NaHCO3. Senyawa ini termasuk kelompok garam yang bersifat basa, korosif, dan abrasif.
baking soda, soda kue, pemutih gigi, pengembang kue



Manfaat Baking Soda

Selain sebagai pengembang kue, baking soda juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya untuk meredakan asam lambung, merendam kaki yang kelelahan, mengatasi gigitan serangga, serbuk pembersih panci, porselen, enamel, dan permukaan keras lainnya, serta memutihkan kulit dan gigi.

Kelebihan Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Baking soda sangat efektif membersihkan gigi dengan banyak kelebihan, di antaranya mampu menghilangkan perubahan warna pada gigi, mampu menjangkau celah-celah dan retakan gigi, dan mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu baking soda juga membuang penumpukan plak gigi, menghilangkan bau mulut, dan mencegah penyakit gigi dan gusi.

Bahaya Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Bagaimanapun juga, baking soda adalah bahan kimia sintetis. Penggunaannya harus hati-hati karena baking soda adalah bahan kimia yang bersifat abrasif. Penggunaan baking soda secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan merusak permukaan gigi dan gusi.

Enamel gigi akan mengalami penipisan sehingga gigi menjadi transparan dan warnanya malah menjadi gelap. Di samping itu gigi juga akan mengalami korosi dan mudah rapuh atau keropos.

Karena itu, jangan menggunakan baking soda secara langsung. Artinya, jangan membuat racikan atau ramuan pemutih gigi dengan mencampur baking soda, berapapun ukurannya, karena kita tidak tahu standar ukuran yang tepat.

Jika ingin mendapatkan manfaat dari baking soda dalam memutihkan gigi, gunakan saja pasta gigi yang mengandung baking soda. Baking soda dalam pasta gigi tentunya telah memenuhi standar, telah melalui uji klinis, dan telah direkomendasikan oleh pakar kesehatan gigi.

Ini tips Putihkan Gigi secara alami,  dengan Resep Leluhur kita...


Alternatif Memutihkan Gigi secara Alami

Cara lain untuk memutihkan gigi adalah dengan memanfaatkan bahan kimia alami, yaitu bahan kimia yang telah tersedia di alam.

1. Kayu Siwak

Memutihkan Gigi dengan Kayu Siwak Penggunaan kayu siwak sebagai sikat gigi sudah lazim dilakukan lebih dari 1400 tahun yang lalu. Banyak penelitian membuktikan bahwa mereka yang rajin menggosok gigi dengan kayu siwak cenderung tidak pernah mengalami masalah gigi. Cara menggunakannya cukup sederhana.

Ambil ranting kayu siwak (biasanya diperoleh dari orang yang baru pulang haji). Bentuklah ujungnya sedemikian hingga menyerupai kuas (tidak dibentuk juga tidak apa-apa). Gunakan ranting kayu siwak tersebut sebagai sikat gigi.

2. Kulit Jeruk Mandarin

kulit jeruk mandarin, jeruk keprok, jeruk maseh, jeruk jepun Jeruk mandarin biasa disebut jeruk keprok, jeruk maseh, atau jeruk jepun. Buahnya agak besar, kulit dan buahnya berwarna orange. Kulit bagian dalam yang berwarna putih ini bisa kita gunakan untuk memutihkan gigi. Caranya mudah sekali. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Siapkan sebuah jeruk mandarin. Kupaslah kulitnya. Buahnya silakan dimakan, kulitnya nanti dulu. Gosok-gosokkan kulit bagian dalam yang berwarna putih pada gigi. Berkumurlah dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kulit jeruk. Lakukan secara teratur setiap hari. Gigi Anda akan kelihatan putih berkilau alami dalam waktu yang cepat.

3. Buah Jeruk Lemon

jeruk lemon, buah lemon Asam sitrat yang terkandung dalam buah lemon dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya tidaklah sulit.

Siapkan satu buah lemon. Potong-potong menjadi beberapa bagian. Gunakan potongan-potongan lemon tersebut untuk menggosok gigi. Berkumurlah dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa lemon yang menempel pada gigi. Lakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gigi Anda akan terlihat putih, bersih, dan sehat alami.

4. Sari Jeruk Nipis dan Garam

jeruk nipis, garam, jeruk pecel, uyah Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Sedangkan garam kaya akan sodium yang akan membersihkan kotoran pada gigi. Caranya cukup mudah.

Peras sebuah jeruk nipis. Tambah garam 1 sendok makan. Aduk sampai rata. Gunakan campuran ini untuk menggosok gigi. Jangan lupa berkumur dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap hari. Plak yang menempel pada gigi akan segera hilang dan gigi akan tampak putih bersinar.

5. Mengonsumsi Buah dan Sayur

sayur, buah, gigi putih Selain mendapat manfaat yang besar, mengonsumsi buah dan sayur ternyata dapat menyehatkan gigi. Gigi menjadi putih berseri secara alami. Di samping itu buah dan sayur juga dapat merangsang keluarnya air liur yang bersifat anti bakteri.




Nah, lebih aman yang alami kan? Gigi lebih sehat dan putih berkilau alami. Rawat gigi Anda secara alami jangan sampai rapuh apalagi berlubang.


Demikian informasi tentang bahaya memutihkan gigi dengan baking soda serta alternatif memutihkan gigi secara alami. Semoga bermanfaat artikel ini..., Silahkan share ya

Sumber: sehatragakita.blogspot.co.id
loading...
close
[click disini aja 2X]
loading...