loading...
loading...

Tips Menggunakan Masker Baik Dan Benar, Begini Caranya...

loading...
loading...

PERHATIAN !! Jangan Salah Cara Memakai Masker, Begini Yang Benar

Indonesia di landa tebalnya kabut Asap akibat pembakaran hutan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain menghalangi pandangan, kabut asap juga membahayakan kesehatan bagi yang menghirupnya. Oleh karena itu salah satu solusi untuk mengurangi atau meminimalisir bahaya tersebut adalah dengan penggunaan masker.

Tahukah Anda cara menggunakan masker baik dan benar?
Dalam cara pemakaian masker, banyak orang yang salah kapra dalam cara penggunaan masker yang benar.


BERITA HOAX
Apalagi ditambah banyaknya isu yang beredar di media sosial yang mengatakan bahwa cara pemakaian yang benar itu adalah lapisan berwarna putih menghadap diluar (terbalik). Ketahuilah, sesungguhnya itu adalah info HOAX atau pembohongan publik.

Mengenal Fungsi Masker

Di dalam masker ini terdiri dari tiga lapisan :

1. Lapisan paling dalam yang berwarna putih. Ini yaitu susunan yang paling nyaman karena bersentuhan dengan kulit muka kita.

2. Lapisan tengan yaitu filter statis. Lapisan ini terbuat berbahan yang dimaksud spunbond non woven. Fungsinya yaitu untuk menghalangi apabila air liur yang mengandung penyakit menebar seperti batuk atau bersin.
3. Lapisan luar yang disebut material spesial mencegah masuknya mikropartikel.

Dengan memperhatikan susunan ini, jadi menggunakan masker dengan cara terbalik malah tidak menguntungkan lantaran wajah bakal bersentuhan dengan lapisan yang kasar hingga ada kemungkinan terjadi iritasi.

Jika masker dibalik (bagian putih di luar dan bagian kawat berada di atas), maka arah lipatannya juga ikut terbalik. Bagian kantong akan mengarah ke atas. Hal itu justru akan menampung debu. Supaya tidak membentuk kantong, maka bagian kawat berada di bawah. Itu artinya bagian hidung tidak menutup dengan rapat. Jadi pembalikkan masker justru lebih banyak mudharatnya daripada manfaat.

Cara Pemakaian Masker Yang Benar
Cara memakai masker sesuai prosedur dokter adalah labirin yang licin berada sebagai filter di luar. Arah lipatan ke bawah. Jahitan tali pengikat di sebelah dalam, kawat yang keras berada di bawah. Tekan dan bentuklah kawat tersebut sesuai dengan bentuk hidung anda sampai benar-benar tidak ada celah yang dapat dilalui oleh debu maupun asap.

Begitulah cara memakai masker yang benar. Janganlah mudah percaya dengan info hoax yang beredar yang malah akan merugikan kesehatan kamu.

Mohon tolong sebarkan info penting ini dan luruskan yang sudah salah kapra.
Sumber : info-facebookers.blogspot.com
loading...
close
[click disini aja 2X]
loading...